Sinabung Semburkan Wedhus Gembel Setinggi 1.000 Meter

Senin, 22 Agustus 2016 12:25 Nasional

Bagikan

Sinabung Semburkan Wedhus Gembel Setinggi 1.000 Meter
Erupsi Gunung Sinabung yang disertai dengan awan panas setinggi satu kilo meter, Senin (22/08/2016) Pukul 10.00 WIB. (PPGA/SN)
Sumut, Semetonnews - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus mengalami erupsi. Senin (22/08/2016) Sinabung kembali menyemburkan wedhus gembel alias awan panas. Warga di hulu juga diminta untuk mewaspadai kemungkinan adanya aliran lahar dingin.

Semburan awan panas setinggi satu kilo meter itu terjadi Pukul 10.00 WIB dan berdasar Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung mencatat juga terjadi gempa selama 276 detik. "Tetap waspada bahaya lahar bagi masyarakat di dekat sungai dengan hulu di Gunung Sinabung," kata Kepala Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Medan Sunardi.

Untuk keamanan bersama pihaknya mengimbau wisatawan dan warga untuk tidak melakukan aktivitas dengan radius tiga kilo meter. Sementara masyarakat dalam jarak tujuh kilometer untuk sektor selatan-tenggara, dalam jarak enam kilometer untuk sektor tenggara-timur, serta dalam jarak empat kilometer untuk sektor utara–timur Gunung Sinabung akan di evakuasi ke lokasi yang lebih aman.

Reporter: VR Nugraha