Pemerintah Disorot Kurang Memperhatikan Perguruan Silat

Kamis, 25 Agustus 2016 20:31 Sport & Life Style

Bagikan

Pemerintah Disorot Kurang Memperhatikan Perguruan Silat
I Bagus Alit Dira angkatan kedua pendiri PSPS Bakti Negara Bali. (Sena Aji/Semetonnews)

Denpasar, Semetonnews – Perhatian pemerintah terhadap dunia silat terutama untuk perguruan silat nampaknya masih belum muncul. Padahal perguruan silat merupakan pencetak pesilat-pesilat tangguh yang membela nama daerah dan bangsa.Demikian juga yang dialami salah satu perguruan barometer pembinaan dan pencetak prestasi pesilat di Bali yakni PSPS Bakti Negara Bali.


Penyumbang pesilat yang kerapkali mengharumkan nama Bali bahkanIndonesia belum pernah sama sekali merasakan perhatian dalam bentuk bantuan.“Kami belum sepeserpun memperoleh bantuan dari pemerintah termasuk dari KONI Bali, apakah itu dalam bentuk alat atau dana untuk pembinaan pesilat. Padahal kami tak pernah berhenti mencetak pesilat tangguh,”kata guru besar PSPS Bakti Negara Bali I Bagus Alit Dira, Minggu (27/8/2016).


Selama in diakuinya, PSPS Bakti Negara melakukan pembinaan sampai menjadi barometer pesilat berkualitas dan berprestasi di Bali, dengan dana sendiri. Meski demikian pihaknya tetap konsisten melakukan itu meski perhatian pemerintah atau KONI Bali tak menyentuh ke perguruan itu. Dicontohkan Alit Dira, PSPS Bakti Negara telah menunjukkan prestasinya silam dengan melahirkan juara dunia seperti masa Jaya Wahyu, Mudra, atau Made Suparmi. Imbasnya nama PSPS Bakti Negara sekarang ini tetap besar meski tanpa bantuan pemerintah.


Reporter : Sena Aji