Mabuk, Judi, dan Maksiat; 22 Orang Dihukum Cambuk

Sabtu, 27 Agustus 2016 07:17 Nasional

Bagikan

Mabuk, Judi, dan Maksiat; 22 Orang Dihukum Cambuk
Hukukan cambuk bagi masyarakat yang bersalah di gelar di Aceh Utara. (Ist/SN)
Aceh, Semetonnews - Menjadi satu-satunnya provinsi di Indonesia yang menetapkan Hukum Syariat. Di Aceh, pelanggar ketertiban umum harus menjalani hukuman cambuk. Seperti 22 orang yang bersalah melanggar Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinaya.

Pelaksanaan Uqubat cambuk terhukum sebanyak 22 orang, di antaranya termasuk empat orang wanita ada yang terbukti melakukan tindakan mesum, berjudi, dan mabuk-mabukan. Kesemuannya di cambuk di Lapangan Ahmad Yani Kutacane, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Aceh Tenggara, Jumat (26/08/2016) Pukul 14.30 WIB.

Dalam eksekusi terhukum uqubat cambuk terebut, terhukum dicambuk sebanyak 8 sampai dengan 12 kali di depan umum oleh karena terhukum telah menjalani masa penahanan selama 30 hari maka dikurangi satu kali cambukan sehingga menjadi 7 sampai dengan 11 kali cambuk.

Kapolres Aceh Tenggara AKBP Edi Bastari yang menghadiri acara eksekusi itu mengatakan hukuman cambuk efektif menekan penyalahgunaan narkoba, mesum (Khalwat), judi (Maisir), dan miras (Khamar). "Ini membuat masyarakat Aceh Tenggara menjadi aman dan nyaman," ujarnya.

Reporter: VR Nugraha