Dilayarkan dari Ukraina, BTR-4M Perkuat Marinir Indonesia

Sabtu, 27 Agustus 2016 10:58 Nasional

Bagikan

Dilayarkan dari Ukraina, BTR-4M Perkuat Marinir Indonesia
Tank Amphibi pesanan Indonesia dari Ukraina yang sudah dikapalkan menuju Indonesia. (Ist/SN)
Jakarta, Semetonnews - Perusahaan Pertahanan Ukraina telah mengirim kendaraan lapis baja jenis Amphibi BTR-4M versi terbaru untuk Marinir TNI AL pada tanggal 24 Agustus 2016 menggunakan kapal Texel.

Sebelumnya Ukraina memenangkan tender proyek peremajaan alutista Marinir TNI untuk jenis kendaraan lapis baja amphibi. BTR-4M yang total berjumlah 55 unit ini akan menggantikan BTR-80 yang akan dipensiunkan.

BTR-4M ini jauh lebih unggul bila dibandingkan BTR-80. BTR-4M dapat mencapai kecepatan 100 km/jam di darat dan 70 km/jam di laut. Sedangkan untuk mengantisipasi pertempuran konvensional didarat, BTR-4M dibekali dengan persenjataan yang cukup mumpuni, yakni senapan mesin 7,62mm PKT, Pelontar granat 30mm AGS-17.

Bahkan ranpur buatan pabrik Kharkiv-Morozov Design Bureau di klaim mampu melumpuhkan main battle tank. Hal ini dikarenakan BTR-4M dilengkapi dengan rudal anti-tank Baryer dengan jangkauan rudal 4.000m dan kubah Parus yang merupakan salah satu kubah tanpa awak terbaik didunia dikarenakan memiliki akurasi tinggi. Dengan kemampuan BTR-4M yang sangat mumpuni tersebut, tak kelak menjadikan Marinir TNI sejajar dengan negara-negara kuat lainnya seperti Tiongkok yg menggunakan ranpur ini.

Reporter: Tubagus
Editor: VR Nugraha