177 Calon Jemaah Haji Indonesia Diduga Gunakan Sisa Kuota Filipina

Sabtu, 27 Agustus 2016 23:50 Nasional

Bagikan

177 Calon Jemaah Haji Indonesia Diduga Gunakan Sisa Kuota Filipina
Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono saat memberikan keterangan di Jakarta. (Ist/SN)
Jakarta, Semetonnews - Ratusan jemaah haji ilegal asal Indonesia yang ditahan di Filipina ternyata menggunakan kuota haji dari negara lain. Hal tersebut diungkapkan Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono di Jakarta.

Menurut mantan Kapoltabes Denpasar itu timnya kini sudah berada di Filipina untuk meminta keterangan saksi korban dalam hal ini calon jamaah haji. Laporan awal anggota Mabes Polri di Manila, travel yang memberangkatkan rombongan calon jamaah haji itu menggunakan kuota negara lain. Sebab, mereka dibekali paspor Filipina.

"Ada beberapa kelompok pengiriman dari travel. Tim saya meminta keterangan dari mereka dan kini berada di Filipina," katanya. Bila nanti ada indikasi pidana dalam kasus tersebut, maka pihak travel yang akan di proses lebih lanjut.

Untuk diketahui 177 calon jemaah haji ilegal asal Indonesia ditahan pihak Imigrasi Filipina karena diduga menggunakan sisa kuota Filipina yang diberikan pemerintah Arab Saudi. Calon jemaah haji yang sudah membayar 6 ribu sampai 10 ribu dollar itu ditahan di Pusat Tahanan Biro Imigrasi Camp Bagong Diwa Bicutan, Manila. 

Reporter: VR Nugraha