Amor Ring Acintya Nang Made "Patih Barong" Wijaya

Selasa, 30 Agustus 2016 00:45 Nasional

Bagikan

Amor Ring Acintya Nang Made
Made Wijaya banyak memberikan sumbangan karya bagi kemajuan pertamanan dan seni budaya Bali. (FB/SN)
Denpasar, Semetonnews - Desainer taman yang begitu cinta dengan Bali yakni Michael White asal Sidney, Australia, yang sudah menetap sejak 1973 di Pulau Dewata dan berganti nama menjadi Made Wijaya setelah menjalani upacara Suddhi Wadani Griya Kepaon yang dipuput Ida Pedanda Ida Bagus Anom, Senin (29/08/2016) meninggal di Sidney. Belum jelas sakit apa yang diderita almarhum.

Ucapan duka mengalir di akun facebook bule yang dikenal lebih Bali daripada orang Bali tersebut. Amor Ring Acintya Nang Made Wijaya. Ahli pertamanan yang begitu cinta dengan Bali. “Bali delivers a special magic that makes us so lucky to be alive”, begitu tulisnya dalam biografi perancang taman David Bowie dan Bali Hyatt Sanur. 

Tidak hanya mempelari arsitektur dan budaya Bali. Pria yang dalam beberapa kesempatan inging dikenal dengan julukan Patih Barong, dikenal sebagai fotographer itu mempelajari beragam peninggalan budaya dan adat istiadat di Indonesia.

Posting terakhirnya soal penggunaan busana saat puncak usaba dangsil pada 27 Agustus 2016. Rencananya jenasah almarhum akan di bawa ke Sanur untuk diupacarai secara Hindu sesuai wasiat almarhum. "RIP dear friend," tulis akun Sri Shunyata.

Reporter: VR Nugraha