Ingat Besok, Gerhana Matahari Cincin di Indonesia

Rabu, 31 Agustus 2016 07:44 Nasional

Bagikan

Ingat Besok, Gerhana Matahari Cincin di Indonesia
Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin yang bisa diamati di sebagian wilayah Indonesia. (BMKG/SN)
Jakarta, Semetonnews - Fenomena alam Gerhana Matahari Cincin akan terlihat 1 September 2016 di beberapa wilayah Indonesia. Yakni Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian barat.

Berdasar situs resmi BMKG, Gerhana Matahari Cincin akan diterima di Indonesia sebagai gerhana matahari sebagian dan terjadi sekitar pukul 17.30 sore hari bervariasi sesuai wilayah yang terkena transit bulan, namun pada umumnya berbeda antara 0,00 sampai 2 menit WIB.

Sedangkan menurut Badan Antariksa Amerika (NASA), saat 1 September 2016 bulan akan berada tepat di depan lintasan cahaya matahari pada hari Kamis 1 September 2016, garis lurus bulan, matahari dan bumi ini akan menghasilkan fenomena alam gerhana matahari cincin di langit negara dikawasan utara.

Selain Indonesia, negara di Afrika juga dilalui gerhana tersebut. Hal yang sama juga dikemukakan Perwakilan Badan Antariksa Afrika Pieter Kotze, Gerhana Matahari Cincin September akan dimulai sekitar pukul 9:30 waktu Pretoria dan berakhir pada pukul 12:38 sementara puncak gerhana akan terjadi pada 11:02.

Ingat Pieter, masyarakat jangan melihat langsung ke arah gerhana karena rasiasi saat gerhana bisa merusak retina mata. "Menggunakan pelindung mata atau teleskop menjadi cara yang baik dan aman dalam melihat gerhana ini," kata dia. Diprediksi gerhana matahari total baru terjadi 2030 mendatang.

Reporter: VR Nugraha