Dilaporkan Temuan di Jambi, Zika Bisa Menular lewat Air Mani

Rabu, 31 Agustus 2016 06:07 Nasional

Bagikan

Dilaporkan Temuan di Jambi, Zika Bisa Menular lewat Air Mani
Bayi yang mengalami kepala mengecil akibat virus Zika di Brazil. (Ist/SN)
Jakarta, Semetonnews - Sebelum mencuatnya kasus penyebaran virus Zika yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti. Sebenarnya di Indonesia pada 2015 dan awal 2016 sudah dilaporkan temuan salah satu pasien yang diduga terjangkit Demam Berdarah (DB) ternyata kena Zika. Temuan ini sudah dilaporkan ke Kementerian Kesehatan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Tak hanya itu, tahun ini juga ditemukan hasil yang mengejutkan. Virus Zika yang sudah menyebar 27 negara dan WHO menyatakan ini sebagai bentuk bahaya global mengingat dampak virus yang menyebabkan kerusakan otak dan kepala mengecil pada bayi. Selain juga ditemukan cara penularan yang tidak hanya melalui gigitan nyamuk. Tapi, juga bisa menular dari hubungan seksual dengan pria yang tertular virus ini.

"Ini merupakan temuan dan penyakit yang sangat baru. Dari soal evolusi dan penaganannya di mana kemungkinan menular lewat hubungan seksual. Virus ini sangat menakutkan," kata peneliti Zika di Prancis Didier Musso. Apalagi temuan di Amerika bahwa virus ini bertahan dan berkembang di air mani untuk selanjutnya lewat hubungan seksual menjangkiti individu lain tentu makin membuat para peneliti dunia terperangah. (Berbagai sumber)

Reporter: VR Nugraha