Takut Digigit Nyamuk, Anak Cacat Akibat Zika, Batal Libur ke Singapura

Rabu, 31 Agustus 2016 13:15 Nasional

Bagikan

Takut Digigit Nyamuk, Anak Cacat Akibat Zika, Batal Libur ke Singapura
Beberapa warga Bali dikabarkan membatalkan rencana libur Galungan ke Singapura menyusul merebaknya kasus Zika. (Ist/SN)
Denpasar, Semetonnews - Merebaknya virus Zika yang terjadi di Singapura. Membuat beberapa warga Bali membatalkan rencana liburan mereka ke Singapura pekan depan atau saat liburan Galungan. Ada beberapa alasan yang disampaikan, yang utama takut anak yang mereka lahirkan cacat dengan kepala mengecil bila digigit nyamuk saat berada di Singapura.

"Memang ada rencana liburan Galungan bersama keluarga minggu depan. Tapi, karena ada kasus Zika, mungkin batal dulu," kata Wayan Kusuma kepada Semetonnews.com, Rabu (31/08/2016). Virus Zika yang ditularkan lewat gigitan nyamuk dan hubungan seksual memang bisa menyebabkan kasus anak-anak terlahir dengan kepala mengecil. Selain Singapura, di Jambi pernah dilaporkan kasus serupa.

Beberapa negara juga sudah menyarankan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Singapura dalam kondisi hamil. Seperti Australia, Korea Selatan, dan Taiwan. Sedangkan Indonesia belum mengeluarkan anjuran tersebut, tapi hanya melakukan pengecekan kesehatan bagi warga yang baru datang dari Singapura.

Reporter: VR Nugraha