Satu Tewas Terbakar, Satu Lagi Luka Berat; Korban Meledaknya Tongkang Bermuatan BBM

Kamis, 01 September 2016 08:50 Nasional

Bagikan

Satu Tewas Terbakar, Satu Lagi Luka Berat; Korban Meledaknya Tongkang Bermuatan BBM
Kapal tongkang Easter 333 yang meledak dan terbakar di Pelabuhan Dermaga VI Sungai Gerong Banyuasin Sumatera Selatan. (Ist/SN)
Sumsel, Semetonnews - Satu korban dinyatakan tewas terbakar dan satu lagi luka berat akibat meledaknya Tongkang Easter 333. Kini Subdit Gakkum Direktorat Polisi Air Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang terkait meledaknya kapal pengangkut BBM milik Pertamina di Pelabuhan Dermaga VI Sungai Gerong Banyuasin Sumatera Selatan itu.

"Kami masih melakukan pemeriksaan dalam kasus meledaknya tongkang tersebut karena ada unsur kelalaian," kata Dir Polair Polda Sumsel Kombes Pol Robinson DP Siregar di dampingi Kasubdit Gakkum AKBP Zahru Bamawi. Tiga orang yang diperiksa itu adalah nahkoda (AS), ABK Tongkang (MI), dan kepala kamar mesin Easter 333 berinisial ZA.

Untuk diketahui, kapal tongkang itu melakukan loading di dermaga khusus VI Pertamina Sungai Gerong Banyuasin, pada Selasa  (30/08/2016), sekitar pukul 14.15 WIB, meledak dan terbakar, meludeskan muatan Pertamax sebanyak 1.600 ton dan 3.200 ton Premium untuk dibawa ke Jambi.

Akibat dari peristiwa tersebut, seorang kru oil engenering tongkang, AA tewas di tempat sedangkan, seorang lainnya yang juga sebagai juru mudi, JU mengalami luka bakar berat hampir 90 persen dan saat ini tengah menjalani perawatan di RSMH Palembang. Keduanya telat melompat ke laut karena berada di dalam kapal.

Reporter: VR Nugraha