Terbukti Merusak Mesin ATM, Bule Bulgaria Divonis 9 Bulan Penjara

Kamis, 01 September 2016 21:22 Hukum & Kriminal

Bagikan

Terbukti Merusak Mesin ATM, Bule Bulgaria Divonis 9 Bulan Penjara
Ilustrasi-google-semetonnews

Denpasar, Semetonnews- Bule asal Bulgaria, Yonkov Irnov (40) hanya bisa tertunduk lesu saat majelis hakim pimpinan Wayan Kawisada menjatuhkan vonis 9 bulan penjara pada sidang, Kamis (1/9/2016). Hakim dalam amar putusanya menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) IGN Wirayoga yang menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan pengerusakan mesin ATM.

Perbuatan terdakwa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 Ayat 1 jo Pasal 46 Undang-Undang Tahun 2008 tentang informasi teknologi (IT). Namun majelis tidak sependapat dengan lamanya hukuman yang dituntut jaksa, pun dengan denda hukuman. Sebelumnya, jaksa menuntut terdakwa dengan pidana penjara selasam 1,5 tahun dan denda Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan.

Hakim akhirnya hanya menjatuhkan vonis 9 bulan penjara, serta denda Rp 50 juta subsider 1 bulan penjara."Menguhukum terdakwa dengan pidana penjara selama sembilan bulan,"kata hakim sambil mengetok palu. Dalam amar putusan dijelaskan pula, aksi terdakwa dilakukan pada 28 Maret 2016 di salah satu ATM BNI yang berada di Hardis Nusa Dua.

Aksi terdakwa terekam kamera CCTV saat hendak melepas "Kanopiqped" yang dimodifikasi yang ditambah kamera yang dipasang pada  tombol angka ATM. Setelah memasang alat perekam di bawah talang angka tersebut, kemudian terdakwa memasang memori yang untuk menyimpan data nasabah.

Kemudian, pada 30 Maret 2016 terdakwa ditangkap anggota Kepolisian Polresta Denpasar, berkat laporan pegawai bank ssetempat. Akibat perbuatannya, bank mengalami kerugian Rp2,9 juta.


Reporter : Maria Gracia