KBM Sesalkan Pasal 33 PKPU Nomor 5 Tahun 2016

Jumat, 02 September 2016 00:28 Politik

Bagikan

KBM Sesalkan Pasal 33 PKPU Nomor 5 Tahun 2016
Made Mudarta (HI/SN)
Denpasar, Semetonnews -Pasal 33 PKPU Nomor 5 Tahun 2016 yang mengatur tentang larangan bakal calon/ pasangan calon tidak lolos verifikasi administrasi dan faktual mencalonkan diri maupun dicalonkan oleh partai politik maupun gabungan parpol, sangat disesalkan oleh Koalisi Buleleng Mandara (KBM).

Hal ini disampaikan oleh Koordinator KBM sekaligus Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Bali Nyoman Sugawa Korry. Dari pandangannya, Pasal tersebut dianggap sangat memberatkan bagi para calon. Apalagi calon tersebut telah mengambil jalur independen dan dinyatakan tak lolos.

"Secara umum kami sangat menyayangkan dengan ketentuan pasal 33 PKPU,”katanya saat dikonfirmasi, Kamis (01/09/2016).Disisi lain, adanya Pasal 33 PKPU Nomor 5 Tahun 2016 itu seakan menutup peluang bagi para calon. "Kami tidak tahu logika berfikir saat merumuskan PKPU. Semestinya dalam perumusan pasal tetap memberikan kesempatan bagi setiap warga negara dan calon terbaik di daerah," sesalnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua DPD Partai Demokrat Bali Made Mudarta. Menurutnya, Pasal 33 PKPU Nomor 5 Tahun 2016 memang dianggap sangat merugikan khususnya bagi calon itu sendiri. Tetapi, akan tetap tunduk pada aturan tersebut. 

Karena dari pandangannya, semua itu merupakan bagian dari resiko dalam dunia poltik. "Walaupun secara umum cukup disayangkan, PKPU itu adalah produk dan kesepakatan nasional dan harus dipatuhi. Memang ini bagian dari risiko politik" pungkasnya.

Reporter ; Hariz Ibrahim