Terus Drop, Hari Ini Harga Kamboja Kering Per Kilogram Rp 8.000

Minggu, 04 September 2016 09:47 Ekonomi Bisnis

Bagikan

Terus Drop, Hari Ini Harga Kamboja Kering Per Kilogram Rp 8.000
Harga bunga kamboja kering yang terus turun membuat masyarakat enggan untuk menggeluti usaha itu lagi. (Ist/SN)
Denpasar, Semetonnews - Harga bunga kamboja atau jepun Bali kering terus mengalami penurunan. Dropnya harga ini disebabkan oleh begitu banyaknya pasokan dari luar daerah Bali untuk dijual ke perusahaan pembuat kosmetik di Sidoarjo, Jawa Timur.

Men Ana, salah satu pengepul bunga kamboja kering di area Denpasar menyatakan, Minggu (4/09/2016) hari ini bunga kamboja grade satu dengan kekeringan 90 persen untuk per kilogramnnya Rp 8.000. "Harganya jauh turun, di awal bahkan sempat Rp 250.000, terus turun menjadi Rp 150.000, turun lagi jadi Rp 75.000. Awal tahun ini turun lagi jadi Rp 50.000, dan sekarang cuma Rp 8.000," paparnya kepada Semetonnews.

Harga yang rendah tersebut membuat pengepul enggan membeli bunga kamboja kering dari masyarakat. Mengingat ongkos produksi yang tidak sesuai. Sebelum dikirim ke pabrik di Sidoarjo, bunga kering itu harus di sortir tingkat kebersihannya dan kemudian dimasukkan ke dalam karung. "Bayar buruh untuk membersihkan bunga saja sudah lumayan, belum lagi ongkos pengiriman," ujarnya. Untuk itu, Meng Ana mengaku akan menutup usaha pengepulan bunga kamboja kering mengingat harga yang kecenderungannya terus turun.

Reporter: VR Nugraha