Dramatis! Dikurung Ombak Besar, Seharian Bule Jerman Bertahan Hidup dengan Berpegangan di Karang Manta Point

Minggu, 04 September 2016 23:23 Nasional

Bagikan

Dramatis! Dikurung Ombak Besar, Seharian Bule Jerman Bertahan Hidup dengan Berpegangan di Karang Manta Point
Sieglinde, berhasil diselamatkan dari karang Manta Point, Nusa Penida. (Ist/SN)
Klungkung, Semetonnews - Berkat reaksi cepat anggota Basarnas Denpasar. Sieglinde (40), bule asal Jerman berhasil diselamatkan setelah terhempas di karang Manta Point, Nusa Penida, Minggu (4/09/2016), Pukul 10.50 WITA. Sieglinde bertahan di atas karang yang dikurung ombak sejak Sabtu (3/09/2016).

Menurut Rini, staf biro perjalanan yang mengantar rombongan bule Jerman itu. Sieglinde sudah terjebak di atas karang setelah terhempas ombak pada Sabtu (3/09/2016) Pukul 14.50 di Manta Point, Perairan Nusa Penida. "Rombongan berangkat Pukul 10.00 dari Pelabuhan Padangbai," kata petugas menirukan penuturan Rini.

Tiba di Manta Point korban langsung diving. Tapi, akibat arus laut yang berubah, korban terhempas ke tebing dengan ombak besar di sekelilingnya. Rekan korban berusaha memberikan pertolongan, tapi karena ombak besar niat tersebut dibatalkan.

Biro perjalanan langsung menghubungi Basarnas Denpasar untuk evakuasi. Awalnya, korban minta diselamatkan lewat jalur udara dengan helikopter. Untung, berkat bantuan warga yang menunjukkan akses pintas ke tebing tersebut, korban bisa dievakuasi lewat jalur darat. "Kami sempat mengirimkan helikopter, tapi evakuasi tidak bisa dilakukan karena mewaspadai turbulensi dari tebing yang malah bisa membahayakan korban," kata Kepala Basarnas Denpasar Didi Hamzar.

Setelah berhasil dievakuasi lewat jalur darat, korban dibawa menggunakan speed boat Wahana Gotama menuju Dermaga Buyuk untuk mendapat bantuan tim medis. Baru Pukul 12.00, korban dibawa ke Pelabuhan Padangbai dalam kondisi sehat walafiat.

Reporter: VR Nugraha