Tanpa Tanda Tangan Ketum, NasDem Bali Sebut Rekomendasi Tak Ada Masalah

Senin, 05 September 2016 14:25 Politik

Bagikan

Tanpa Tanda Tangan Ketum, NasDem Bali Sebut Rekomendasi Tak Ada Masalah
Ketua DPW Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa (Hi/SN)
Denpasar, Semetonnews-Partai NasDem Bali akui jika rekomendasi terhadap Pasangan Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra (PASS) belum lah final. Pasalnya, surat rekomendasi Nomor : 14-SI/DPP-NasDem/IV/2016 tertanggal 25 April 2016 yang ditandatangani oleh Ketua Bappilu DPP NasDem Enggartiasto Lukita mulai dipertanyakan sebagian pihak. 

Berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2016 Pasal 38 ayat (5) huruf (b), apabila ada partai politik yang mengusung atau mendukung Pasangan Paket dalam Pilkada seharusnya menyertakan keputusan pimpinan partai politik tingkat pusat tentang persetujuan pasangan calon dan syarat calon. Namun, hal itu belum dilakukan oleh Partai NasDem Bali.

Ketua DPW Partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa mengakui terkait tanda tangan rekomendasi tersebut. Meskipun demikian, surat rekomendasi tersebut bukanlah suatu masalah yang berarti.

"Ada Tim 7 yang memutuskan paket calon Pilkada, kebetulan ketuanya juga Ketua Bapilu. Di NasDem tidak ada faksi-faksi, rekomendasi yang ditandatangani Ketua Bapilu itu sepengetahuan Ketua Umum (Ketum) NasDem," katanya, Minggu (04/09/2016).

Hal yang sama juga dibenarkan oleh anggota DPRD Provinsi Bali Nyoman Tirtawan. Menurut dia, rekomendasi Partai memang harus ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekjen DPP.

"Aturan KPU memang seperti itu. Rekomendasi itu harus ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen. Rekomendasi yang sudah diberikan kepada PASS hanya ditandatangani Ketua Bapilu. Jadi itu belum keputusan final," timpalnya.

Reporter : Hariz Ibrahim