Di Pasar Dauh Pala, Balai POM Temukan Gulali Mengandung Rhodamin B

Senin, 05 September 2016 23:26 Nasional

Bagikan

Di Pasar Dauh Pala, Balai POM Temukan Gulali Mengandung Rhodamin B
Balai Besar POM saat melakukan sidak di Pasar Dauh Pala. (Ist/SN)
Tabanan, Semetonnews - Menjelang hari raya Galungan dan Kuningan Balai Besar POM Denpasar menggelar sidak pasar di Pasar Dauh Pala, Tabanan guna mengantisipasi adanya makanan berbahaya bagi pembeli. 

Kepala Balai Besar POM Denpasar, Endang Widowati mengatakan jika pihaknya mengambil 46 sampel makanan secara acak dari sejumlah pedagang. "Sampel mulai ikan teri, jajanan ringan, bumbu jadi hingga jajanan yang biasa digunakan untuk upacara adat," ujarnya Senin (5/09/2016).

Sampel makanan tersebut kemudian diuji langsung dan hasilnya ada satu makanan yang positif mengandung rhodamin B, yakni gulali. Atas temuan tersebut, Endang pun memberikan pembinaan kepada para pedagang agar kedepannya lebih berhati-hati menjual makanan agar tidak membahayakan konsumen. "Kita berikan pembinaan kepada para pedagang agar kedepannya bisa berbenah dan tidak berbahaya bagi pembeli," tegasnya.

Sementara itu salah satu pembeli bumbu jadi, Sumiati (23) asal Kampung Jawa, Tabanan mengaku sering membeli bumbu jadi di pasar dauh pala dan selama ini tidak ada keluhan. "Saya beli bumbu jadi hampir setiap hari, semoga saja tidak mengandung bahan berbahaya," ujarnya. 

Reporter : Trisna Ayu
Editor: VR Nugraha