Satu Lagi Teroris yang Berencana Roket Singapura dari Batam Ditangkap; Digerakkan Pengungsi Uighur

Selasa, 06 September 2016 00:47 Nasional

Bagikan

Satu Lagi Teroris yang Berencana Roket Singapura dari Batam Ditangkap; Digerakkan Pengungsi Uighur
LH, anggota Kelompok Katibah Gigih Rahmat. (IST/SN)
Batam, Semetonnews - Polda Kepri dan Densus 88 Anti Teror menangkap anggota Kelompok Katibah Gigih Rahmat (KGR).  Hal tersebut diungkapkan Kapolda Kepri Brigjen Sam Budigusdian saat jumpa pers di ruang Rupatama Polda Kepri, Senin (5/09/2016).

Tersangka yang ditangkap berinisial LH (24), dengan lokasi penyergapan adalah Kompleks pertokoan Fanindo Warnet Matrix Batu Aji, Batam pada hari Sabtu (3/09/2016). Tim gabungan yang terdiri dari Densus 88 bekerjasama dengan Tim Taktis dari Den Gegana Sat Brimob Polda Kepri dengan mudah meringkus pelaku aksi teror yang berencana meroket Marina Bay, Singapura, lewat Batam.

Berdasarkan informasi dari Tim Densus 88, Tersangka LH adalah anggota kelompok KGR yang sempat diduga akan menyerang Marina Bay, Singapura. Tersangka diduga terlibat membantu menyembunyikan DPO teroris berinisial D asal Uighur. Dia juga memfasilitasi keberangkatan WNI ke Suriah dan masuknya dua WNA asal Uighur masuk ke Batam. 

Kemudian setelah menangkap LH, Tim Densus dan personel Polda Kepri menggeledah rumah kakak dari LH, Siti Hajar di Batu Aji. Barang bukti yang diamankan adalah senjata angin laras panjang, buku religi, paspor, dompet, ATM, handphone, tas, dan motor. "Tersangka bersama kelompok KGR diduga menerima dana dari ETIM (East Turkistan Islam Movement) untuk memfasilitasi keberangkatan WNI ke Suriah dan memfasilitasi masuknya dua WNA asal Uighur masuk ke Batam," papar Kapolda kepada awak media cetak dan elektronik.

Reporter: VR Nugraha