Kopi Kintamani Jadi Unggulan di Jerman

Sabtu, 10 September 2016 08:06 Ekonomi Bisnis

Bagikan

Kopi Kintamani Jadi Unggulan di Jerman
Kopi Indonesia dalam beragam varietas banyak diminati buyer luarnegeri. (Ist/SN)
Jakarta, Semetonnews - Coffee, Tea and Cocoa (COTECA) 2016, pameran dua tahunan yang bersifat business-to-business exhibition tersebut berlangsung pada tanggal 7-9 September 2016 di CCH-Congress Center Hamburg, Jerman, menjadi tempat efektif promosi hasil pertanian unggulan Indonesia. Salah satunya adalah kopi Kintamani Bangli, Bali.

Konsul Jenderal RI Hamburg Sylvia Arifin menyatakan kepesertaan Indonesia pada salah satu pameran komoditas terbesar di dunia tersebut dapat kembali memperkokoh posisi Indonesia sebagai pemain utama pada tiga produk komoditas tersebut. Yakni kopi, teh, dan cokelat. "Kami berharap dengan pameran ini bisa memperbesar pasar Indonesia di Jerman dan Eropa," katanya.

Dalam pameran ini juga diharapkan eksportir Indonesia bisa memahami selera dan trend pasar saat ini. Secara khusus dalam COTECA 2016, Indonesia akan menampilkan 10 Produk Speciality Coffee yaitu Kopi Kintamani Bali, Kopi Arabica Java Ijen Raung, Arabica Gayo, Arabica Flores Bajawa, Arabica Toraja, Arabica Java Preanger, Robusta Lampung, Arabica Kalosi Enrekang, dan Arabica Sumatra Simalungun. "Selama pameran, guna menarik minat pengunjung dan potential buyers, Indonesia juga mengadakan cupping coffee session setiap hari selama pameran pada jam 10.30 -11.30 dan 13.30-14.30 dengan dibantu oleh barista dari Jerman," pungkasnya.

Reporter: VR Nugraha