Rebranding, Kemendag Perkuat Ekspor Produk Unggulan

Minggu, 11 September 2016 01:02 Ekonomi Bisnis

Bagikan

Rebranding, Kemendag Perkuat Ekspor Produk Unggulan
Kopi Bali Kupu-Kupu Bola Dunia menjadi brand unggulan Indonesia dalam pasar ekspor. (IST/SN)
Jakarta, Semetonnews - Brand indetity menjadi salah satu cara untuk makin memperkenalkan produk lebih luas. Ini juga menjadi cara Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk makin meningkatkan daya saing produk ekspor Indonesia. Sejak 2011 lalu 300 brand nasional pun mengikuti program rebranding.

Termasuk brand dari Bali. Yakni Wiracana Handfan (Denpasar), Bali Alus (Denpasar), Kupu-Kupu Bola Dunia (Denpasar), dan Bali Tangi (Denpasar). "Pelaku usaha berorientasi ekspor agar mereka mampu menciptakan brand identity yang kuat di kancah perdagangan internasional,” papar Direktur Jenderal PEN Kemendag Arlinda di Jakarta. 

Identitas suatu produk tidak hanya mengandalkan kualitas dan desain yang bagus, merek yang kreatif dan inovatif akan memperoleh positioning yang bagus dan memperkuat product awareness di benak konsumen. 

"Kemendag bekerja sama dengan pakar rebranding. Para pelaku usaha diundang pada seminar mengenai pentingnya rebranding dan juga mendalami brand positioning dan brand personality masing-masing," sebut dia.

Reporter: VR Nugraha