Hujan Lebat, Korea Utara Jadi Sungai; Ratusan Warga Tewas, Ribuan Jiwa Mengungsi

Selasa, 13 September 2016 07:58 Nasional

Bagikan

Hujan Lebat, Korea Utara Jadi Sungai; Ratusan Warga Tewas, Ribuan Jiwa Mengungsi
Wilayah Timur Korea Utara berubah menjadi sungai akibat banjir bandang yang menelan ratusan jiwa. (Ist/SN)
Korut, Semetonnews -Akses informasi ke Korea Utara yang begitu sulit membuat badan PBB untuk masalah kemanusiaan (OCHA) kesulitan mendapat akses informasi akibat banjir bandang di Korea Utara. Hanya saja berdasar informasi awal 133 penduduk Korea Utara di wilayah Timur tewas. Laporan lain ada 395 orang hilang, dan 107 ribu jiwa mengungsi.

Sulitnya akses ke Korea Utara ini tak lepas pasca uji bom nuklir kelima yang dilakukan negara komunis tersebut. Demikian, banjir yang disebabkan hujan lebat itu sudah merusak dan merendam ribuan rumah warga.

Media pemerintah Korut melaporkan hujan lebat pada akhir Agustus hingga awal September menyebabkan kerusakan parah dekat Sungai Tumen. Akan tetapi, pihak itu tak memberi informasi jumlah korban tewas akibat banjir dalam laporan terbarunya.

Badan itu mengatakan, penilaian terhadap kerusakan didasari pada kunjungan lapangan ke wilayah terkait pekan lalu oleh perwakilan PBB, Federasi Palang Merah Internasional dan Masyarakat Bulan Sabit Merah (IFRC), Palang Merah cabang Korut, dan lembaga swadaya masyarakat.

Reporter: VR Nugraha