Dituntut 16 Tahun, Pengacara Terdakwa Berang

Selasa, 13 September 2016 17:14 Hukum & Kriminal

Bagikan

Dituntut 16 Tahun, Pengacara Terdakwa Berang
Yanuar Nahak bersama terdakwa (Dok/SN)
Denpasar,Semetonnews-Robert Andrew Fides Ellis (68) yang menjadi terdakwa dalam kasus pencabulan anak dibawah umur, pada sidang, Selasa (13/9/2016)  dihadapan majelis hakim pimpinan Wayan Sukanila dituntut hukuman 16 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Purwanti dkk.

Dalam amar tuntutanya, jaksa menyebut bahwa, perbuatan terdakwa sangat merugikan korban, karena merusak masa depan para korban."Selain itu perbuatan terdakwa juga merusak moral,"tegas jaksa dalam amar tuntutanya."Oleh karena memohon kepada majelis hakim untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 16 tahun,"imbuh jaksa Kejati Bali itu.

Pebuatan terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 76E jo Pasal 82 ayat (1) UU Perlindungan anak jo Pasal 65 ayat (1) K UHP. Atas tuntutan itu terdakwa melalui kuasa hukumnya, Yanuar Nahak mengaku tidak terima. Alasanya, dari penerapan Pasal, hukuman yang dituntut jaksa sangat tidak masuk akal."Pasal 82 itu ancaman hukumanya hanya 15 tahu, jadi dari mana bisa tuntut 16 tahun,"tegasnya yang ditemui usai sidang.

Karena itu, Yanuar mengaku pihaknya akan melawan dengan mengajukan pembelaan pada sidang pekan depan."Kami menyatakan mengajukan pembelaan. Dalam pembelaan nanti kami mempertanyakan dari mana jaksa bisa menuntut terdakwa 16 tahun sedangkan ancaman hukuman cuma 15 tahun,"pungkas Yanuar.


Reporter : Maria Gracia