Bro...Ni Data Baru! Lulusan SMK Paling Banyak Nganggur

Rabu, 14 September 2016 15:40 Budaya & Pendidikan

Bagikan

Bro...Ni Data Baru! Lulusan SMK Paling Banyak Nganggur
Banyak jebolan SMK yang tidak terserap di dunia kerja karena tidak sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan. (Ist/SN)
Jakarta, Semetonnews - Ternyata untuk tingkat menengah atas, lulusan sekolah kejuruan (SMK) yang paling banyak menganggur. Untuk itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan, sistem pendidikan dan pelatihan vokasi saat ini harus dilakukan perombakan, dan kita harus melakukan lagi reorientasi pendidikan dan pelatihan vokasi ke arah demand driven.

Untuk itu kurikulum, materi pembelajaran, praktik kerja, pengujian dan sertifikasi bisa sesuai dengan  permintaan dunia usaha dan industri. "“Ini yang paling penting saya kira harus melibatkan dunia usaha dan industri, karena mereka lebih paham kebutuhan tenaga kerja yang fokus pada pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sektor-sektor unggulan," katanya. Sektor unggulan itu seperti; Maritim, pariwisata, pertanian, ekonomi kreatif.

Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan data mengejutkan bahwa ditinjau dari latar belakang pendidikan, proporsi pengangguran terbesar adalah mereka lulusan SMK 9.84 persen, SMA 6.95 persen, SMP 5.76 persen, dan SD 3.44 persen. Sedangkan dari total 7.56 juta total pengangguran terbuka 20.7 persen adalah mereka yang berpendidikan SMK.

Reporter: VR Nugraha