Sabet Perak, Perenang Eva Sumbang Medali Pertama Bali

Rabu, 14 September 2016 22:07 Sport & Life Style

Bagikan

Sabet Perak, Perenang Eva Sumbang Medali Pertama Bali
Perenang PON Bali mulai mengumpulkan medali di PON Jabar. (Sena Aji/Semetonnews)

Denpasar, Semetonnews – Perenang putri PON Bali, Eva Lilian Van Leenen menjadi atlet pertama yang menyumbangkan medali perdana bagi Bali, pada PON XIX Jawa Barat (Jabar), di Kolam Renang FPOK Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Rabu (14/9) malam.

 

Perenang ini menyabet perak di nomor 100 meter gaya dada putri. Eva kalah cepat dari peraih emas yang disabet perenang Riau, sedangkan medali perunggu diraih perenang Jawa Tengah (Jateng).

 

“Eva telah berjuang keras untuk mampu tembus final usai sukses adu lesatan di babak penyisihan. Hasil ini sangat membanggakan kami karena memang di nomor ini kami target medali. Jelas raihan positif ini memotivasi rekan-rekan lainnya dan bakal turut berebut medali. Tadi (kemarin-red) total dipertandingkan 7 nomor,” ucap salah satu pelatih renang PON Bali, Wayan Wiartha saat dihubungi Rabu (14/9/2016).

 

Diakuinya, Eva sendiri selama ini merupakan atlet yang hanya masuk katagori grade II di Pelatda PON Bali. Meski demikian, dirinya justeru ikut mampu bersaing dengan rekan-rekannya mengumpulkan medali bagi Bali.

 

“Hanya saja prestasi Eva itu tak dikuti perenang lainnya, yang masuk babak final. Perenang lainnya yang masuk final namun tak meraih medali yakni, Ni Nyoman Dewi Setiari 400 meter gaya bebas, Desak Made Sri Widyadari 200 meter gaya ganti, I Putu Wirawan 200 meter gaya ganti, Ni Nyoman Sinthya Adniswari Anasta Putri di nomor 100 meter gaya dada, Pande Made Iron Digjaya 100 meter gaya dada, dan Estafet 4x200 meter gaya bebas putri (perenang Novita, Desak, Sintya dan Setiari),” imbuh Wiartha.

 

Diharapkannya dengan satu perak tersebut di pertandingan selanjutnya yakni Kamis (15/9/2016) hari ini. Setidaknya dalam pertandingan hari kedua itu, perenang Bali mampu memecahkan medali emas. “Pastinya perenang Bali lainnya bakal berjuang keras untuk mengejar medali emas,” tutup Wiartha.

 

Reporter : Sena Aji