Impor Sabu dan Ganja, WN Malaysia Divonis 7,5 Tahun Penjara

Kamis, 15 September 2016 18:42 Hukum & Kriminal

Bagikan

Impor Sabu dan Ganja, WN Malaysia Divonis 7,5 Tahun Penjara
Terdakwa Lee Kok King yang dinyatakan terbukti mengimpor Narkotika dari Malaysia ke Bali (SN)
Denpasar,Semetonnews-Warga Negara (WN) Malaysia bernama Tee Kok King (49) yang kedapatan membawa masuk sabu-sabu seberat 22,73 gram netto dan ganja seberat 0,99 gram netto dari Malaysia ke Bali, akhirnya pada sidang, Kamis (15/6/2016) divonis oleh majelis hakim pimpinan Wayan Kawisada dengan pidana penjara selama 7 tahun dan 6 bulan (7,5) tahun.

Dalam amar putusanya, hakim menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Wayan Sutarta yang menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana mengimpor narkotika golongan I dalam bentuk tanaman atau bukan tanaman. Perbuatan terdakwa sebagaimana tertuang dalam Pasal 113 ayat (2) UU RI. No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Tapi majelis tidak sependapat dengan lamanya hukuman yang dituntut jaksa terhadap terdakwa. Diketahui, pada sidang sebelumnya jaksa menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 14 tahun."Menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 7 tahun dan 6 bulan,"tegas hakim dalam putusanya.

Sementara dalam dakwaan jaksa dipaparkan,  terdakwa ditangkap petugas kepolisian di Hotel Amaris, Denpasar. Sebelum ditangkap, sejatinya petugas Bea Cukai Bandara sudah menaruh curiga dengan barang bawaan terdakwa ketika diperiksa melalui mesin X-Ray. Marasa curiga, petugas lalu membututi terdakwa sembari menghubungi polisi.

Kecurigaan petugas membuahkan hasil saat Kok tiba di Hotel Amaris. Saat itu polisi langsung melakukan pemeriksaan terhadap terdakwa dan berhasil menemukan Narkotika yang diduga sabu-sabu seberat 22,73 gram netto dan Narkotika yang diduga ganja seberat 0,99 gram netto. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata terdakwa tidak memiliki dokumen sah untuk mengimpor Narkotika.

Reporter : Maria Gracia