Emas Perenang Bali Eva Lilian Ukir Sejarah

Senin, 19 September 2016 22:33 Sport & Life Style

Bagikan

Emas Perenang Bali Eva Lilian Ukir Sejarah
Cabor renang di PON Jabar mengukir sejarah emas pertama kali. (Sena Aji/Semetonnews)

Bandung, Semetonnews– Medali emas yang disumbangkan perenang putri Bali Eva Lilian Van Leenen, di nomor 50 meter gaya dada putri, saat bertanding pada PON XIX Jawa Barat (Jabar), di kolam renang FPOK UPI, Senin (19/9/2016), telah mengukir sejarah renang selama ini.

  

Diakui perenang berdarah Belanda yang sebelumnya menyumbangkan medali perak di nomor 100 meter gaya dada putri itu, raihan emasnya tersebut merupakan sejarah baru bagi cabor renang PON Bali. Pasalnya, emas itu pertama kalinya diberikan cabang olahraga (cabor) renang selama mengikuti PON selama ini.


“Medali Emas itu saya raih setelah finish terdepan dengan catatan waktu 33:33 detik, dan menyingkirkan dua perenang Jawa Tengah (Jateng) di final. Pada PON Riau 2012 silam, renang tidak mampu memberikan satu medali pun,” papar Eva, usai laga

 

Prestasi itu disebutkannya, memberikan kebanggaan tersendiri, karena merupakan emas bagi Bali selama ini. “Pastinya saya senang dan bangga dengan sabetan emas ini. Apalagi ini sejarah ang tak akan terlupakan tak hanya bagi saya, melainkan juga kalangan renang di Bali,” imbuhnya,

 

Tak dipungkirinya, prestasi tersebut memang melalui pengorbanan dan kerja keras yang tinggi. Tidak hanya mengorbankan waktu, pikiran maupun tenaga, juga saat berkumpul dengan keluarganya, yang tinggal di Buleleng.

 

“Keluarga saya tidak menyangka jika saya mampu meraih emas ini. Terpnting bagi saya prestasi ini menjadi suntikan motivasi tersendiri bagi saya, untuk bisa meningkatkan prestasi di even berikutnya, tak hanya di even nasional namun juga internasional,” tutup Eva.

 

Reporter : Sena Aji