BMKG Minta Nelayan Waspada Ombak 4 Meter di Selat Bali dan Lombok

Selasa, 20 September 2016 02:21 Nasional

Bagikan

BMKG Minta Nelayan Waspada Ombak 4 Meter di Selat Bali dan Lombok
Ombak besar mengancam perairan Bali dan Selat Lombok hingga tiga hari ke depan. (Ist/SN)
Denpasar, Semetonnews - Senin (19/09/2016) sampai tiga hari ke depan, Kamis (22/09/2016), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta nelayan untuk mewaspadai potensi ombak besar di beberapa perairan Indonesia dengan tinggi 2,5 meter sampai 4 meter. Termasuk di perairan Selat Bali dan Selat Lombok.

"Bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir dihimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi antara 2,5-4,0 meter," demikian rilis Kedeputian Bidang Meteorologi-BMKG.

Laut yang berpotensi terjadi ombak besar yakni di Laut Andaman, Perairan Barat Sabang, Perairan Enggano- Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Samudera Hindia Barat Sumatera-Selatan NTB, Perairan Selatan Jawa-P. Sumbawa, Selat Bali bagian Selatan, Selat Lombok bagian Selatan, Selat Alas bagian Selatan.

Sedangkan dari kondisi atmosfer terkini terpantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sekitar Pulau Jawa, Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara dalam periode tiga hari kedepan. Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, banjir bandang, pohon tumbang dan jalan licin. Hujan lebat disebabkan fenomena Indian Ocean Dipole Mode (IOD) berbarengan dengan Madden Julian Oscillation (MJO, menjadi pemicu akumulasi awan hujan.

Reporter: VR Nugraha