10 Tewas, Puluhan Hilang; Banjir Bandang di Garut, Tanah Longsor di Sumedang

Rabu, 21 September 2016 08:58 Nasional

Bagikan

10 Tewas, Puluhan Hilang; Banjir Bandang di Garut, Tanah Longsor di Sumedang
Rumah warga yang diterjang longsor dan menyebabkan dua korban tewas di Garut. (Ist/SN)
Jawa Barat, Semetonnews - Intensitas hujan yang begitu tinggi dari Selasa (20/09/2016) menimbulkan banjir bandang di wilayah Garut pada Pukul 01.30 WIB, Rabu (21/09/2016). Tidak hanya itu bencana alam akibat tingginya curah hujan juga terjadi di Sumedang dengan terjadinya beberapa titik tanah longsor. Sepuluh orang dikabarkan tewas dan puluhan lainnya hilang.

Banjir bandang menerjang wilayah Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut. Luapan Sungai Cimanuk dan Cikamuri bahkan membuat banjir bandang di beberapq titik setinggi rumah warga. Data sementara dari BPBD Kabupaten Garut terdapat 8 orang tewas, 1 orang hilang, 4 orang luka berat, 26 orang luka ringan dan ratusan pengungsi. Sementara di Sumedang dua warga dikabarkan tewas terkubur rumah dan material longsoran.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan tim penyelamat terus berusaha melakukan evakuasi terhadap para korban dan warga yang selamat. "Pencarian dan penyelamatan korban masih terus dilakukan Tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat," ujarnya. Ratusan pengungsi ditempatkan di Makorem. 

Reporter: VR Nugraha