Maling PSP, Siswa Kelas III SMP Dipenjara 3 Bulan

Kamis, 22 September 2016 19:13 Hukum & Kriminal

Bagikan

Maling PSP, Siswa Kelas III SMP Dipenjara 3 Bulan
Ilustrasi-google-semetonnews

Denpasar,Semetonnews-Pelajar kelas III SMP berinisial FM yang kedapatan mencuri di salah satu rumah, akhirnya divonis hukuman 3 bulan penjara dalam sidang yang digelar, Kamis (22/9/2016) di PN Denpasar.
Majelis hakim pimpinan Agus Waluyo dalam amar putusanya menyatakan, terdakwa bersalah melakukan tindak pidana pencurian sesuai pasal 363 ayat (1) ke -3 dan ke-4 KUHP. Setelah mempertimbangkan hal memberatkan dan meringankan, majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada bocah SMP ini. “Menjatuhkan hukuman 3 bulan penjara kepada terdakwa,” tegas majelis hakim dalam amar putusannya.
Hukuman ini sendiri hanya setengah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), I Gusti Ngurah Wirayoga yang sebelumnya menuntut hukuman 6 bulan penjara. Usai sidang, JPU menyatakan piker-pikir.  Sementara itu, terdakwa yang didampingi tim P2TP2A Denpasar, Siti Sapurah alias Ipung mengatakan setelah divonis, terdakwa akan menjalani hukuman di Lapas Anak di Karangasem.
Dalam dakwaan dijelaskan, aksi pencurian yang dilakukan FM ini dilakukan pada Senin (23/5/2016) malam di Jalan Taman Pancing, Pemogan, Denpasar Selatan. Saat itu, FM bersama rekannya EH merencanakan pencurian di rumah kosong. Keduanya lalu mulai mencari sasaran dengan menggunakan motor Vario.
Sekitar pukul 01.00 Wita, FM melihat rumah kosong di Jalan Taman Pancing yang pagarnya terbuka. Setelah mengawasi selama 15 menit, FM turun dari motornya dan masuk ke dalam rumah yang pintu utamanya juga tidak dikunci. FM yang berada di dalam rumah melihat satu unit PSP dan tas berisi uang Rp 2,9 juta.

Setelah mengambil barang-barang tersebut, FM langsung kabur bersama EH dan membagi uang hasil pencurian. Dalam sidang terungkap, selain digunakan untuk kebutuhannya, FM banyak menghabiskan uang untuk main game online. Malah dalam laporan, bukan kali ini saja FM melakukan aksinya melainkan sudah sekitar 16 kali.

Reporter : Maria Gracia