Wow! Longsor, Tebing Pantai Melasti Jadi Air Terjun Bertingkat

Senin, 26 September 2016 09:43 Nasional

Bagikan

Wow! Longsor, Tebing Pantai Melasti Jadi Air Terjun Bertingkat
Air terjun yang terjadi akibat bentang alam di wilayah Melasti, Ungasan, dirusak dengan alasan pengembangan wisata. (Ist/SN)
Badung, Semetonnews - Kondisi bentang alam Bali dalam kondisi darurat. Tebing di Bali Selatan yang menjadi benteng alami dari tsunami terus menerus dikeruk dengan alasan membuka obyek wisata baru guna menggenjot kedatangan wisatawan. Mungkin tinggal tunggu waktu alam Bali rusak bila pembangunan dilakukan tanpa perencanaan. 

Bukti keserakahan manusia yang mengabaikan alam bisa di lihat di Pantai Melasti yang baru dibuka Juli 2015. Pantai yang terletak di wilayah Ungasan tersebut sama dengan di Pantai Pandawa. Di mana, akses jalan dibuat dengan menjebol bukit kapur yang menjadi benteng Bali.

Akibat hujan lebat beberapa hari ini, beberapa titik di sana terjadi longsor. Bahkan, akibat derasnya air hujan dan rusaknya bentang alam di sana, muncul air terjun baru yang tentu sangat disayangkan wisatawan yang kebetulan mengabadikan kondisi tersebut. "Alam sudah dirusak hanya untuk mengejar materi," ungkap Gede Moleh warga Denpasar menyayangkan kondisi tersebut. 

Sehari sebelumnya akibat pembangunan yang tidak terencana. Hujan lebat juga mendatangkan banjir bah di beberapa titik di wilayah Jimbaran. Warga waswas akan kondisi tersebut. Di sisi lain banyak tukad mati yang biasanya menampung air luberan hujan kini dibeton. Dan, kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan memperparah banjir yang terjadi.

Reporter: VR Nugraha