Kempo Bali Kembalikan Tradisi Emas PON

Senin, 26 September 2016 20:39 Sport & Life Style

Bagikan

Kempo Bali Kembalikan Tradisi Emas PON
Kempo Bali Akhirnya Mampu Kembalikan Tradisi Emas (SA/SN)
Bandung,Semetonnews-Tradisi medali emas di PON mampu dikembalikan Tim Kempo PON Bali di PON XIX/Jabar. Emas kali ini diraih melalui nomor embu atau seni berpasangan putri kyukenshi yang diperkuat pasangan AA. Istri Dharma Mega Kelakan dan Nisrina Nur Afifa.

Pada cabor yang berlangsung yang bertanding di GOR Sabuga ITB Bandungp, pasangan Bali itu meraih emas setelah tampil menawan dengan mengemas nilai 265,5. Nilai itu lebih tinggi 0,5 dari dua rival dekatnya, yakni Jateng dan NTT yang berhasil mengumpulkan 265 angka.

Hasil tersebut disambut baik Ketua Harian Pengprov Perkemi Bali,Fredik Billy, sekaligus memberikan apresiasi tinggi. Pasalnya takhanya peraih medali emas saja, namun semua kenshi dan tim telah sama-sama berjuang keras. “Emas ini merupakan bentuk pengembalian tradisi meraih medali emas disetiap PON yang diikuti sejak PON XII di Jakarta silam,"ujar Fredrik Billy.

Dipaparkannya, tim kempo PON Bali pertama kali menyabet medali emaspada PON 1989 di Jakarta di nomor randori, melalui dirinya sendiriyang turun di nomor randori atau laga.“Kami memang sejak awal berlaga di PON selalu bertekad untuk menjagatradisi emas itu. Tapi apa boleh buat, ketika di PON Riau tardisi itusempat lepas,"tandasnya.

Sedangkan untuk emas pertama di nomor embu atau seni, seperti diakui Billy, saat Bali ambil bagian di PON Palembang, Sumatera Selatan(Sumsel) 2014 silam. Saat itu pertama kali nomor embu yang meraih emas yakni, di nomor embu pasangan putra yudansa melalui Maulana dan Putu Widana.

“Bahkan pasangan ini dua kali berturut-turut meraih medali emas,termask di PON Kalimantan Timur (Kaltim) 2018 silam. Semoga kembalinyatradisi emas kempo ini terus terjaga di PON selanjutnya,” tukas Billy.

Reporter : Sena Aji