Terget Emas, Tinju Bali Pulang dengan 2 Perak dan 1 Perunggu

Selasa, 27 September 2016 19:43 Sport & Life Style

Bagikan

Terget Emas, Tinju Bali Pulang dengan 2 Perak dan 1 Perunggu
Ilustrasi
Bandung,Semetonnews- Lima petinju Bali yang diturunkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/Jabar, gagal membawa pulang medali emas ke Bali. Pasalnya, dua petinju Bali yang tembus babak final, harus mengakui keunggulan lawanya masing-masing.

Di partai final yang berlangsung di GOR GSG Pelabuhan Ratu, Selasa (27/9/2016) Kornelis Kwangu Langu yang turun di kelas layang (49 kg) kalah angka 1-2 atas Ferdinand B. Kase, petinju tuan rumah Jawa Barat (Jabar). Nasib sama juga dialami Valeninus Nahak yang turun di kelas layang ringan (46 kg).

Valen sapaanValentinus Nahak harus mengakui keunggulan, Jeki Manula asal Riau dengan kalah angka 1-2. Dengan hasil ini tim tinju PON Bali puas hanya membawa pulang 2 medali perak.Meski demikian hasil medali ini lebih bagus, dibanding perolehan medali saat turun di PON Riau 2012 silam.

Salah satu pelatih petinju PON Bali, Julianus LeoBunga, mengatakan, sejatinya dari sisi kualitas teknik dan fisik, Kornelis dan Valen tak kalah dari lawan-lawannya."Memang ada beberapa keputusan wasit yang kurang menguntungkan bagi Bali. Tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa,” tegasnya.

Memang diakuinya sulit untuk menilai secara pasti adanya keputusan wasit yang merugikan Bali, terutama di duel Kornelis. Hanya saja memang duel Kornelis sangat ketat."Memang kelihatan ada unsur keputusan wasit yang merugikan, namun itu dilakukan sangat tipis karena jual beli pukulan antara Kornelis dan lawannnya terus terjadi,"cetusJulianus.

Dengan hasil tersebut maka tim tinju PON Bali membawa pulang 2 medali perak, plus satu medali perunggu yang diberikan petinjunya Gregorius yang turun di kelas ringan (60 kg).

Reporter : Maria Gracia