Tjahjo Pastikan Kepala Daerah Maju Pilkada Ajukan Surat Cuti

Rabu, 28 September 2016 10:29 Politik

Bagikan

Tjahjo Pastikan Kepala Daerah Maju Pilkada Ajukan Surat Cuti
Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan soal cuti calon petahana pada Pilkada 2017. (Ist/SN)
Jakarta, Semetonnews - Meski masih menunggu putusan Mahkamah Agung (MK) menyusul gugatan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan bahwa seluruh gubernur yang mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 serentak mendatang telah mengajukan surat cuti.

“Undang-undang mensyaratkan pada saat yang bersangkutan pencalonannya nanti diterima oleh KPU, dia harus mengajukan cuti sampai selesainya Pilkada,” kata Tjahjo di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Selasa (27/09/2016) kepada awak media cetak dan eletronik.

Gubernur petahana yang maju pilkada 2017 adalah H. Zaini Abdullah (Aceh); Rustam Effendi (Bangka Belitung); Basuki Tjahaja Purnama (DKI Jakarta); Rano Karno (Banten); dan Rusli Habibie (Gorontalo). Terkait dengan pelaksana tugas (plt) di tingkat provinsi, menurut Mendagri Tjahjo Kumolon nantinya akan diambil dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atau Sekretaris Daerah (Sekda). Sedangkan di tingkat kabupaten/kota akan diambil alih oleh pejabat eselon  dua.

Reporter: VR Nugraha