Pengguna Sabu Dituntut Tujuh Tahun Penjara dan Denda Rp 800 Juta

Jumat, 30 September 2016 08:09 Hukum & Kriminal

Bagikan

Pengguna Sabu Dituntut Tujuh Tahun Penjara dan Denda Rp 800 Juta
Ilustrasi-google-semetonnews
Denpasar,Semetonnews-Seorang pria bernama Nyoman Yonata Sriasa nampaknya bernasib buruk. Bagaimana tidak, hanya gara-gara kedapatan memiliki Narkotika jenis sabu seberat 1,01 gram, dia oleh jaksa dituntut hukuman 7 tahun penjara.

Selain tuntutan hukuman penjara yang tak sebanding dengan Narkotika yang dimilikinya, Jaksa Penuntut Umumum (JPU) Ketut Sujaya juga menuntut terdakwa dengan pidana denda sebesar Rp 800 juta.

"Apabila tidak dibayar diganti dengan hukuman penjara selama 6 bulan,"kata Jaksa Kejati Bali itu. Terdakwa dituntut sangat tinggi itu karena. JPU Sujaya menyatakan terdakwa terbukti  bersalah melakukan tindak pidana sesuai dengan dakwaan pertama pasal 112 ayat (1) UURI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam tuntutan dipaparkan bahwa ia terdakwa Yonata pada hari Selasa, 17 Mei 2016 sekitar pukul 22.15 wita, bertempat di Jl Subur, Gang Mirah Delima, No 12 Kel. Pemecutan Kelod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar tepatnya di depan usaha laundry milik terdakwa yang bernama, Ari Laundry, tertangkap menyimpan barang haram tersebut. 

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik BNN Provinsi Bali, ditemukan dan disita tersebut adalah milik terdakwa yang hendak digunakan sendiri yang didapatkan dengan dua kali membeli dari seseorang yang bernama panggilan Dek Ang.
 
SS yang dibeli terdakwa, kemudian dipecah jadi lima plastik klip. Dari lima, tiga diantaranya telah habis terdakwa gunakan. Terdakwa membagi / memecah narkotika berupa shabu-shabu tersebut agar dapat irit saat menggunakannya dan tidak menggunakannya dengan berlebihan.

Terdakwa mulai menggunakan SS sejak sekira tahun 2005, namun putus sambung. Terdakwa baru mulai sering menggunakan sekitar empat bulan yang lalu, hampir tiap hari terdakwa menggunakan SS. Dan berujung, pada penangkapan.


Reporter : Maria Gracia