Wisatawan Sibuk Jeprat-Jepret; Untung Semua Selamat, Termasuk Pemedek dari Bali

Jumat, 30 September 2016 14:27 Nasional

Bagikan

Wisatawan Sibuk Jeprat-Jepret; Untung Semua Selamat, Termasuk Pemedek dari Bali
Letusan Gunung Barujari yang berhasil diabadikan salah satu wisatawan. (Net/SN)
Lombok, Semetonnews - Seluruh wisatawan mancanegara dan domestik yang berada di areal Pegunungan Rinjani saat Gunung Barujari meletus berhasil dievakuasi ke zona aman. Termasuk pemedek dari Bali yang tangkil ke Pura Rinjani. Awalnya, petugas Taman Nasional Gunung Rinjani mengaku kesulitan untuk mengevakuasi wisatawan dengan alasan masih jeprat-jepret moment letusan Barujari.

Beruntung, berkat kesabaran petugas akhirnya semua wisatawan berhasil dievakuasi. "Saat kami naik, ada wisatawan yang langsung sembunyi karena belum sempat foto pemandangan Gunung meletus," kata salah satu petugas yang meminta namanya tidak ditulis kepada Semetonnews.com, Jumat (30/09/2016).

Berdasar data BNPB ada 1.023 wisatawan di zona berbahaya tiga kilometer. Mereka masuk pintu Sembalun dan Senaru untuk mendaki Gunung Rinjani. Lewat Pintu Sembalun ada 389 wisatawan dengan rincian 333 wisatawan mancanegara dan 56 wisatawan lokal yang naik ke Gunung Rinjani sejak 25-27 September 2016. Sedangkan dari Pintu Senaru tercatat 634 orang wisatawan dengan rincian 306 wisatawan asing dan 228 domestik. "Zons berbahaya 3 kilometer, semua pengunjung dan wisatawan kami rekomendasikan harus keluar," kata Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Reporter: VR Nugraha