Bayi Lahir Sehat, Kok Tiba-tiba Cacat; Tes DNA di RSUP Sanglah, Orang Tua Polisikan RSUD Bima

Sabtu, 01 Oktober 2016 14:50 Hukum & Kriminal

Bagikan

Bayi Lahir Sehat, Kok Tiba-tiba Cacat; Tes DNA di RSUP Sanglah, Orang Tua Polisikan RSUD Bima
Ilustrasi. (Net/SN)
Bima, Semetonnews - Subagio (29) terkejut bukan main. Bayinya yang lahir di RSUD Bima yang awalnya sehat, tapi saat diserahkan pihak rumah sakit dikatakan cacat langsung naik pitam. Warga Desa Tolo Uwi, Kecamatan Monta, Kabupten Bima, melaporkan kasus dugaan bayi tertukar ke Polres Bima Kota, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dia juga melakukan tes DNA di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti membenarkan laporan tersebut. Jelas dia, laporan diterima Jumat (30/09/2016) terkait dugaan bayi tertukar di RSUD Bima dengan terlapor pohak rumah sakit pada 22 Agustus lalu. Pelapor tidak terima karena bayi yang terlahir normal, tapi yang diserahkan pihak rumah sakit ternyata cacat. 

Pihak Polres Bima Kota sudah menyelidiki kasus tersebut dan kini ditangani Satuan Reskrim Unit PPA Polres Bima. "Laporan sudah ditindaklanjuti," katanya. Bukti tes DNA dari pelapor yang dikeluarkan RSUP Sanglah juga sudah diterima pihak kepolisian.

Dari korban sendiri menyatakan saat operasi caesar dirinya menunggu sang istri Sumarni di luar ruang operasi. Saat itu tidak ada perempuan lain yang melahirkan, tapi 30 menit berselang ada orang lain yang membawa bayi keluar dari ruang operasi. Ini yang menjadi dasar kecurigaan korban bahwa bayinya tertukar.

Reporter: VR Nugraha