Tarung Derajat Aman di PON Papua 2020

Sabtu, 01 Oktober 2016 17:48 Sport & Life Style

Bagikan

Tarung Derajat Aman di PON Papua  2020
AA. Bagus Tri Candra Arka atau Gung Cok. (Sena Aji/Semetonnews)

Denpasar, Semetonnews – Meski pada PON XX Papua 2020 mendatang bakal mempertandingkan cabang olahraga (cabor) yang mengacu pada cabor yang dipertandingkan di Olimpiade dan SEA Games, namun cabor tarung derajat yang belum dipertandingkan di dua even internasional itu, tetap bakal dipertandingkan di Papua.

 

Kepastian itu diutarakan Sekeratris Umum (Sekum) Pengprov Kodrat Bali, AA. Bagus Tri Candra Arka. Menurutnya, pihak Papua sudah menjamin tarung derajat dipertandingkan nantinya di PON Papua.

 

“Pihak Papua itu menjamin dipertandingkan dan sudah disebutkan di akhir penutupan PON XIX Bandung, Jawa Barat (Jabar) lalu. Jadi kami sekarang tidak khawatir lagi terkait dengan rencana aturan cabor yang dipertandingkan mengacu pada cabor yang dipertandingkan di SEA Games dan Olimpiade,” papar pria ang akrab disapa Gung Cok itu, Sabtu (1/10/2016).

 

Diakuinya, soal auran itu memang hak dari Papua. Namun dbalik itu, Papua juga memiliki hak dan wewenang serta kebijakan sebagai tuan rumah, untuk menentukan cabor mana yang dipertandingkan.

 

“Kalau sudah ada kepastian itu, meski tarung derajat belum dipertandingkan di SEA Games atau Olimpiade, tapi ada kebijakan tersendiri. Kan itu hajatan nasional dan segalanya yang menentukan soal cabor ang dipertandingkan adalah Papua sebagai tuan rumah,” tegas Gung Cok.

 

Baginya sekarang ini paling penting yakni bakal mencari pengganti tiga petarung ang nantinya tidak bisa turun di PON Papua, lantaran usianya sudah melewati aturan tarung derajat PON.

 

Reporter : Sena Aji