KONI Bali Sarankan Cabor Fokus Nomor Terukur

Senin, 03 Oktober 2016 19:23 Sport & Life Style

Bagikan

KONI Bali Sarankan Cabor Fokus Nomor Terukur
Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi

Semetonnews, Denpasar – Demi mendongkrak raihan medali emas di semua even nasional, mulai Kejuaraan Nasional (Kejurnas), pra-PON dan PON baik PON senior maupun remaja, KONI Bali menyarankan sekaligus mendorong cabang olahraga (cabor) fokus mendongkrak kualitas di nomor terukur.

 

Semua itu diutarakan Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi. Tujuannya karena pertimbangan, jika nomor yang sifatnya tak terukur atau seni, penilaiannya subyektifitas dari wasit atau juri saat bertanding.

 

“Semua itu kan terlihat dan apa yang terjadi di PON XIX Jawa Barat (Jabar) 2016 lalu. Di nomor yang penilaiannya subyektifitas, Bali hanya mampu menyabet dua emas yakni di nomor ganda putri silat dan di embu cabor kempo. Jadi lebih bagus jika fokus cabor tidak di nomor yang memiliki penilian subyektifitas tinggi,” tutur Suwandi, Senin (3/10/2016).

 

Meski demikian bukan berarti cabor meninggalkan nomor tak terukur itu, namun lebih mendorong ke nomor terukur. “Ketimbang kecewa terus karena jika bertanding kita tidak tahu letak kekalahannya atlet kita,” sebutnya.

 

Pihaknya mencontohkan, daerah lainnya yang fokus terhadap nomor terukur yakni Nusa Tenggara Timur (NTT) dinilai dengan fokus di nomor itu di kempo, akhirnya NTT meraih 7 medali emas kempo. Begitu juga Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mampu mencuri emas di tarung derajat. “Di nomor tak terukur yang merugikan Bali juga terjadi di taekwondo, tinju dan menembak,” demikian Suwandi.

 

Reporter : Sena Aji