Berkas Lengkap, Aipda IKA Segera Diadili

Selasa, 04 Oktober 2016 21:42 Hukum & Kriminal

Bagikan

Berkas Lengkap, Aipda IKA Segera Diadili
Ilustrasi-google-semetonnews
Denpasar,Semetonnews-Satu lagi kasus pencabulan anak dibawa umur akan disidang di Pengadilan. Bisa jadi, kasus yang satu ini bakalan mendapat sorotan serius dari berbagai pihak. Sebab, yang menjadi tersangka adalah oknum anggota polisi berpangkat Aipda berinisal IKA (51). Tragisnya lagi, IKA mencicipi tubuk korban, Ni Komang BW (17) sejak korban masih berusia 12 tahun.

Kasus ini segara sampai ke Pengadilan menyusul rampungnya Penyidik Dit Reskrimum Polda Bali dalam melakukan penyikan. Aipda IKA dijerat pasal perlindungan anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. Aktivis anak yang juga anggota Tim P2TP2A Denpasar, Siti Sapura alias Ipung mengatakan, kasus ini sudah dinyatakan lengkap atau P21.

“Sudah P-21 (berkas lengkap) dan Kamis nanti akan dilimpahkan ke Kejari Klungkung,”ujar Ipung yang ditemui di PN Denpasar,Selasa (4/10/2016) siang tadi. Dalam kasus ini, Aipda IKA dijerat pasal berlapis tentang perlindungan anak yaitu pasal 81 dan pasal 82 UU nomor 35 tahun 2014 sebagai Perubahan UU nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

“Ancamannya 15 tahun penjara,” terang Ipung. Sementara mengenai kondisi korban, Ipung mengatakan sudah berangsur membaik. Saat ini BW masih dititipkan di rumah aman sampai menunggu sidang selesai.

Seperti diketahui, Aipda IKA berstatus tersangka sejak Jumat (17/6/2016) atas keterlibatanya dalam kasus pencabulan terhadap BW. Pencabulan itu berlangsung sejak BW berusia 12 tahun dan diperkosa terus menerus di dalam warung, hotel dan mobil.

Ia dituding melakukan pencabulan dengan paksaan hingga korban trauma. Kasus ini terungkap setelah Siti Sapurah alias Ipung melaporkan ke SPKT Polda Bali dan mendesak Aipda IKA diperiksa dan ditahan. Namun dipemeriksaan, tersangka Aipda IKA membantah pencabulan tersebut dan mengatakan persetubuhan dilakukan atas dasar suka sama suka.

Reporter : Maria Gracia