Bank Diminta Sediakan ATM Setoran Tunai untuk Uang Koin

Rabu, 05 Oktober 2016 09:56 Ekonomi Bisnis

Bagikan

Bank Diminta Sediakan ATM Setoran Tunai untuk Uang Koin
Ilustrasi. (Net/SN)
Jakarta, Semetonnews - Bank-bank di Indonesia diminta Bank Indonesia (BI) untuk menyiapkan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) khusus setoran tunai uang koin. Dengan begitu kelangkaan edar uang koin di Indonesia bisa terpecahkan.

Asral Mashuri, Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI dalam Temu Wartawan Daerah di Kantor BI di Jakarta, Selasa (4/10/2016), menyatakan saran tersebut merujuk banyaknya keluhan masyarakat dan peritel yang kesulitan mendapatkan uang koin. "Lewat cara ini bank akan mendapat setoran uang logam dari masyarakat dan peredaran uang logam terus berputar," papar dia.

Ungkap dia, beberapa bank bahkan tidak pernah mendapat setoran uang logam dari masyarakat. Padahal, 70 perseb uang logam terus dicetak BI setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut hanya 31 persennya yang beredar dan masuk lagi ke BI. "Uang logam kebutuhannya banyak seperti untuk Jasa Marga dan umunnya mengendap di rumah-rumah warga," ucapnya. Pihaknya juga terus mengkampanyekan penggunaan uang logam untuk bertransaksi.

Reporter: VR Nugraha