Pergub Tak Kunjung Turun, Anggota Dewan Ini Curiga Ada Yang Tak Beres

Jumat, 07 Oktober 2016 08:00 Nasional

Bagikan

Pergub Tak Kunjung Turun,  Anggota Dewan Ini Curiga Ada Yang Tak Beres
Anggota Komisi 1 pertemuan dengan Dispenda, (her-SN)
Denpasar, Semetonnews- Banyaknya keluhan dari masyarakat soal pelayanan Samsat, membuat DPRD Bali melalui Komisi I langsung turun untuk menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke lapangan.
 
Ketua Komisi I DPRD Bali Ketut Tama Tenaya, Dewan Bali menemukan bahwa Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 tahun 2016 baru beberapa bulan ditetapkan di DPRD Bali belum dilengkapi dengan Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai peraturan pelaksanaan. Hal inilah yang membuat pelayanan Samsat menjadi terhambat dan menjadi keluhan masyarakat.

Menurut Tama Tenaya, Perda memang sudah ditetapkan tetapi bukan berarti langsung bisa dilaksanakan. Hal itu dikarenakan peraturan pelaksanaannya yang diatur dalam Pergub belum turun sehingga belum bisa dilaksanakan. Pihaknya menyarankan agar pelaksanaannya menunggu Pergub turun. Saat ini, “Ini ada indikasi yang tidak beres, dan ini bukan semata-mata mengejar target pendapatan melainkan ada hal yang tidak beres dari Dispenda,” katanya, (05/10/2016).

Dengan adanya penerapan Perda yang terkesan buru-buru, sangat berdampak pada pelayanan kepada masyarakat. Apalagi saat ini pelayanan Samsat telah diakses melalui system online. Disisi lain, perangkat yang akan digunakan sebagai peraturan yang baru diterapkan belum ada. Sehingga membuat kantor pelayanan Samsat menjadi terhambat pelayanannya. Ditambah lagi dengan adanya persyaratan yang harus menyertakan data-data lengkap diluar penyertaan KTP. Belum lagi dengan banyaknya wajib pajak yang saat ini “menyekolahkan” Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) untuk mengajukan kredit. Begitu juga dengan pelayanan yang terkesan dipersulit dan berujung pada permintaan tambahan pembayaran karena dianggap persyaratan tak lengkap. “Kalau Pergub itu turun, Dispenda juga harus melakukan sosialisasi ke masyarakat dan barulah dilaksanakan setelah semua piranti perlengkapan pelayanan juga siap secara keseluruhan,” pungkasnya.

 

Repoter : Hariz Ibrahim
Editor: Wawan Nike