Ngotot Independen, Sukrawan Gerilya Kumpulkan KTP Sebanyak Ini

Selasa, 15 Maret 2016 15:34 Politik

Bagikan

Ngotot Independen, Sukrawan Gerilya Kumpulkan KTP Sebanyak Ini
Dewa Nyoman Sukrawan (Kanan) dan Gede Dharma Wijaya (kiri). (Setun/Semetonnews)

Buleleng, Semetonnews - Rencana Dewa Nyoman Sukrawan dengan Dharma Wijaya maju sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Buleleng melalui jalur independen tampaknya serius. Buktinya, Sahabat Sukrawan yang mendukung penuh majunya Bendahara DPD PDIP Bali  ini, sudah mulai bergerilya.

Namun, Sukrawan harus memenuhi syarat dukungan berupa foto kopi KTP sebanyak 40 ribu lebih. "Syarat untuk pengajuan calon perseorangan atau independent yakni, harus mendapat dukungan sebanyak 40.283 dukungan. Dibuktikan berupa KTP dan pengisian formulir dukungan," tandas Ketua KPU Buleleng, Gede Suardana Selasa (15/3/2016).


Suardana menjelaskan, penetapan jumlah dukungan terhadap calon independent, harus didasari atas jumlah penduduk di Buleleng yang memang sudah mempunyai hak pilih. Penetapan jumlah itu KPU Buleleng akan melihat dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilpres 2014 lalu yang mencapai 537.103. Dimana dari jumlah itu, kata dia, akan dikalikan persentase sebesar 7,5 persen dari jumlah DPT tersebut.
 
Terkait syarat itu, Koordinator Sahabat Sukrawan, Agus Tanaya Somandhana menjelaskan, upaya dukungan terhadap Sukrawan masih terus mengalir. Terbukti dari adanya sejumlah foto copy KTP yang masuk, termasuk para relawan dari Sahabat Sukrawan yang masih terus bergerilya ke sejumlah wilayah di Kabupaten Buleleng.

“Kami sudah mulai bergerak untuk segera mungkin mengumpulkan KTP sesuai dengan jumlah ditentukan KPU, dan dukungan masih terus berdatangan, terbukti KTP sudah banyak yang masuk” ujar Agus Tanaya.

Meski demikian, dia ogah menyebutkan jumlah KTP yang sudah terkumpul saat ini. Agus hanya menegaskan, dirinya bersama Sahabat Sukrawan sudah sepakat menandemkan Sukrawan dengan Dharma Wijaya, dalam Pilkada Buleleng 2017 melalui jalur independen. Bahkan, akan dideklarasikan April nanti. "Karena April nanti itu sudah tuntas pengumpulan KTP-nya. Selanjutnya diajukan ke KPU Buleleng,” tandasnya.

 

Penulis : Kadek Ari Setun
Editor   : Robinson Gamar