Jaksa Tuntut 14 Terdakwa Korupsi SPPD Fiktif 1,5 Tahun Penjara

Selasa, 15 Maret 2016 18:47 Hukum & Kriminal

Bagikan

Jaksa Tuntut 14 Terdakwa Korupsi SPPD Fiktif 1,5 Tahun Penjara
Ilustrasi (Semeton)
Denpasar, Semetonnews- 14 orang yang menjadi terdakwa dalam kasus korupsi Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) fiktif di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Gianyar, Selasa (15/3/2016) dituntut 1,5 tahun penjara.

Dalam tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hari Sutopo dkk. yang dibacakan dihadapan majelis hakim pimpinan Dewa Gede Suarditha menyatakan, 14 terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau korporasi.

Selain itu, Jaksa menyebut para terdakwa juga menyalahgunakan kewenangan, ksesempatan atau sarana yang ada karena jabatan. Perbuatan para terdakwa terbukti melanggar Pasal 3 UU RI No. 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU RI No 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Mereka yang menjadi terdakwa adalah,  Dewa Made Putra, Ketut Ritama, Sang Ayu Made Ika Kencana Dewi, Ni Ketut Juniantari, I Ketut Puja, I Made Darmaja, I Komang Yastra, I Made Wirawan, I Nyoman Sulandra, Ni Wayan Suciasih, Ni Ketut Suniawati, Ni Made Ayu Purniasih, A.A Istri Agung Yuniariwati, dan I Made Suparta.

Ke-14 terdakwa ini juga tidak dikenakan biaya pengganti kerugian Negara karena sudah mengembalikan seluruh kerugian Negara yang mencapai Rp 90 juta. Usai sidang, kuasa hukum dari para terdakwa langsung meminta waktu untuk menyampiakan nota pembelaan (pledoi) dalam sidang selanjutnya yang akan digelar Selasa (22/3/2016) pekan depan.

Penulis : Putu Leko
Editor   : Maria Gracia