Mabes Polri Turunkan Tim ke Bali, Periksa Napi Lapas Kerobokan Otak Peredaran Upal

Selasa, 11 Oktober 2016 13:50 Hukum & Kriminal

Bagikan

Mabes Polri Turunkan Tim ke Bali, Periksa Napi Lapas Kerobokan Otak Peredaran Upal
Sablonan uang palsu yang siap diedarkan komplotan upal yang dikendalikan napi Lapas Kerobokan. (Ist/SN)
Denpasar, Semetonnews - Mabes Polri menurunkan tim khusus untuk memeriksa jaringan uang palsu di Jakarta yang ternyata dikendalikan seorang napi Lapas Kerobokan berinisial AH. Bahkan, kabarnya penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus, Bareskrim Polri berencana ke Bali untuk memeriksa napi otak peredaran uang palsu dengan barang bukti (BB) Rp 2 miliar tersebut.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya membenarkan rencana pemeriksaan itu. Kepada rekan-rekan media di Mabes Polri, Selasa (11/10/2016) mengakui anggotanya akan berangkat ke Bali. "AH dipenjara di Kerobokan juga karena kasus uang palsu," katanya.

AH kembali mencuat setelah tim Mabes Polri meringkus pengedar uang palsu berinisia S yang tiada lain anam buah AH di wilayah Banyumanik, Semarang. Turut ditangkap Y,H, dan M yang membantu pembuatan uang palsu dengan cara di sablon.

Uang palsu sebanyak Rp 2 miliar tersebut diedarkan di DKI, Jabar, Banten, Jateng, Jatim, Kalteng, Kaltim, Lampung, Sumsel, dan Bali. "Uang palsu tersebut dalam pecahan Rp 100 ribu dan komplotan tersebut menghasilkan Rp 2 miliar," sebutnya.

Reporter: VR Nugraha