WOW, Plt Kepala Daerah Bisa Lakukan Mutasi dan Tandatangani APBD

Selasa, 11 Oktober 2016 14:03 Politik

Bagikan

WOW, Plt Kepala Daerah Bisa Lakukan Mutasi dan Tandatangani APBD
Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan Plt Kepala Daerah bisa menandatangani APBD. (Humas/SN)
Jakarta, Semetonnews - Mendagri Tjahjo Kumolo sudah menandatangani Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 74 Tahun 2016. Permendagri tersebut untuk mengakomodir daerah yang melaksanakan pilkada serentak 2017 nanti. Di dalam Permendagri tersebut diatur lima tugas pokok Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Daerah yang menggantikan posisi sementara petahana yang ikut Pilkada.

Pertama, mengawal dan menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017. Kedua, menangani proses penyusunan APBD Tahun Anggaran 2017. Ketiga, menata organisasi perangkat daerah dan SOTK sesuai Peraturan Pemerintah 18/2016. Keempat, pengisian personel sesuai SOTK. Kelima, melaksanakan tugas pemerintahan sehari-hari.

“Hal-hal yang strategis tersebut oleh Plt akan senantiasa dikonsultasikan, dilaporkan, dan mendapat persetujuan Mendagri untuk pengendaliannya,” kata Tjahjo usai Pelantikan Pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) serta Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kantor Kemendagri, Jakarta, akhir pekan lalu.

Terkait dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017, Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan, bahwa Plt Kepala Daerah dapat menandatangani APBD tersebut. “Boleh. Enggak ada masalah. Sesuai poin-poin (Permendagri 74/2016),” tegas dia.

Reporter: VR Nugraha