Warga Nusa Penida Peringatkan Bupati Musibah Jembatan Ambruk Jangan Dijadikan Panggung Politik

Minggu, 16 Oktober 2016 22:24 Politik

Bagikan

Warga Nusa Penida  Peringatkan Bupati Musibah Jembatan Ambruk Jangan Dijadikan Panggung Politik
Proses Evakuasi Korban Jembatan Cinta (ist-SN)

Klungkung, Semetonnews- Berawal kejadian ambrolnya Jembatan Cinta disaat warga melintas akan melakukan Persembahyangan di Pura Bakung yg berlokasi di Banjar Ceningan Kangin, menurut keterangan saksi mata warga melintas dijembatan tersebut tiba tiba jembatan Ambrol ke laut. Minggu (16/10).

Masyarakat yg kebetulan ada diatas jembatan juga ikut terjatuh bersama Jembatan, struktur jembatan  mulai alami keropos sejak tahun 2015, upaya untuk perbaikan telah disampaikan kepada Bupati Suwirta, sementara atas kondisi ini warga Nusa Lembongan merasa terabaikan, Perbekel Lembongan mengaku keroposnya jembatan sejak tahun 2015, " memang sudah tahun lalu anggaran diajukan sebesar 18 milliar, " jelasnya. 

Beberapa warga masyarakat Nusa Penida yang ditemui saat berkumpul, tak jauh dari lokasi rupanya musibah ini menjadi isu hangat obrolan warga, mereka  membicarakan musibah ambruknya jembatan yang menelan banyak korban jiwa dan berapa yang luka luka. 

Tak hanya itu para warga ini pun menyayangkan sikap Bupati  yang tidak segera mengambil tindakan dari dulu waktu sebelum jembatan ambruk, " jikalau belum siap anggaran untuk perbaikan paling tidak segera ambil langkah untuk menutup jembatan itu sementara waktu, sambil  mencari dana untuk perbaikan supaya tidak terjadi peristiwa seperti ini yang menelan banyak korban jiwa," cetus salah satu warga. 

Masyarakat merasa kecewa atas kepemimpinanya,  demikian halnya atas peristiwa yang menelan korban jiwa ini, Nyoman Budiana salah satu pelaku pariwisata berkomentar bahwasanya kepala daerah sudah bukan waktunya lagi pencitraan, rakyat tidak memerlukan pemimpin yang hanya pintar berakting, karena pemimpin yang  diperlukan saat ini pemimpin yang bekerja dengan seluruh kemampuan yang dia punya dan juga pemimpin yang mau mendengar masukan yang baik dari masyarakat umum dan menerima masukan dari para pakar di bidangnya.

 "Jangan hanya mendengar masukan dari pendukung nya doang, karena pemimpin milik semua orang bukan hanya milik pendukung nya, karena pemerintahan itu nyata, ada persoalan dan ada solusi yang harus dipecahkan, bukan panggung teater atau sinetron yang hanya sebatas cerita  menghibur menghibur doang," kata Tokoh Muda Nusa ini.

Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang masuk dalam kepulauan Nusa Penida ini saat ini menjadi salah satu icon tourism di Bali,  Nyoman Budiana menyayangkan kenapa infrastruktur yang anggarannya telah disediakan tidak juga digunakan untuk memperbaiki hal hal yang mestinya sudah dipikirkan dalam pengembangan sebuah kawasan pariwisata, padahal PAD dari Nusa penida termasuk pungutan juga tinggi pemasukannya.


Reporter: Wawan Nike