Mobil Tangki Pertamina "Kencing" di Gudang Yang ada Di Banjar Tegal Langlangan

Rabu, 19 Oktober 2016 10:36 Hukum & Kriminal

Bagikan

Mobil Tangki Pertamina
Truk tangki Pertamina
Karangasem, Semetonnews - Wisatawan dan sopir pariwisata banyak yang mengeluh dengan sering langkanya stok bahan bakar minyak di wilayah Karangasem. Semetonnews.com menurunkan tim untuk melacak kemana "hilangnya" BBM bersubsidi untuk rakyat tersebut. 

Beberapa SPBU di Karangasem hanya memiliki stok premium sekitar tiga jam dan langsung ludes. Biasanya BBM jenis premium ada Pukul 08.00 sampai 11.00 WITA. Setelah jam-jam tersebut maka BBM akan habis. Di SPBU 54.808.06 (Abang) , petugas yang kami mintai informasi pun tidak bisa menjelaskan, alasan kehabisan stok ini. Namun petugas SPBU yang bernama Wayan (nama samaran) menunjukan lokasi tempat penimbunan minyak yang berjarak kurang lebih 3 km dari SPBU.

"Lewat saja mas, jangan berhenti, pokoknya pas kiri jalan. Nanti jam 2 ada truk tangki Pertamina mulai lewat dan ikuti saja pergi ke mana," kata Wayan. Informasi yang begitu berharga karena sudah dua hari lamanya tim investigasi Semetonnews.com ada di wilayah Karangasem.

Benar saja, truk tangki Pertamina yang melaju bukan berhenti di SPBU. Melainkan ke sebuah gudang. Di sana jelas terlihat antrean truk tangki pengangkut BBM bersubsidi. Jarak tim dengan ekor antrean truk adalah 200 meter. Dan bukan hal yang wajar bila truk tangki Pertamina malah singgah ke gudang bukannya SPBU atau depo.

Selain ada petugas yang mengawasi situasi di sekitar gudang, ternyata ada juga pengamanan yang mengawasi truk masuk. Jadi, tim investigasi Semetonnews.com harus ekstra hati-hati. Dan, memilih mengawasi aktivitas truk tangki "kencing" dari warung Bu Made.
"Setiap hari ramai truk tangki BBM ke gudang tersebut. Mana ada yang nangkap, tiap hari dah mereka datang, gak ada yang nutup, warga mau beli ke gudang itu nggak boleh," terang Ketut salah satu warga.

Gudang yang berlokasi di wilayah Banjar Tegalngelangan, Desa Datah, Kecamatan Abang ini, rupanya mulai beroperasi sejak pukul 12.00 WITA sampai pukul 18.00 WITA. Pantauan tim di lapangan sekitar 20 truk tangki BBM Pertamina yang melintas dari arah Depo Manggis menuju Kubu mengantre untuk masuk ke gudang tersebut. Satu truk tangki biasanya ngetem 10 sampai 20 menit. (Tim Semetonnews)