Apes, Hanya Gara-gara Sabu 1.01 Gram, Yonata Divonis 5 Tahun Penjara

Selasa, 18 Oktober 2016 01:59 Hukum & Kriminal

Bagikan

Apes, Hanya Gara-gara Sabu 1.01 Gram, Yonata Divonis 5 Tahun Penjara
Ilustrasi-google-semetonnews
Denpasar,Semetonnews-Nyoman Yonata Sriasa, terdakwa kepemilikan tiga klip sabu-sabu dengan berat total 1,01 gram memang bernasib sia. Bagaimana tidak, dengan barang bukti yang tidak seberapa itu, dia harus mendekam dalam penjara selama  lima tahun. Tak haya itu, dia juga diwajibkan membayar denda Rp800 juta, subsider tiga bulan kurungan. 

Ini terungkap dalam sidang, Senuin (17/10/2016) sidang di PN Denpasar. Terdakwa oleh majelis hakim pimpinan  Made Purnami dinyatakan terbuki secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 112 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Terdakwa terbukti bersalah melawan hukum memiliki menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman jenis shabu-shabu," ujar hakim. Vonis mejelis hakim terhadap terdakwa itu, lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ketut Sujaya yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama tujuh tahun dan denda Rp800 juta, subsider enam bulan kurungan.

Atas putusan itu terdakwa langsung menyatakan menerima begitu pula dengan jaksa."Saya menerima yang mulia,"kata terdakwa. Dalam amar putusan, mejelis hakim juga membeberkan fakta-fakta yang yang terungkap dalam persidangan. 
Disana disebutkan terdakwa ditangkap petugas kepolisian pada 17 Mei 2016, Pukul 22.15 Wita, di Jalan Subur, Gang Mirah Delima, Nomor 12 Denpasar Barat, Kota. Penangkapan terdakwa berawal dari rekan terdakwa Ari Laundry tertangkap terlebih dahulu karena menyimpan barang haram tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh penyidik BNN Provinsi Bali, ditemukan dan disita tersebut adalah milik terdakwa yang hendak digunakan sendiri yang didapatkan dengan dua kali membeli dari seseorang yang bernama panggilan Dek Ang. Sabu-sabu yang dibeli terdakwa dari satu plastik klip kecil, dipecah jadi lima plastik klip pada 6 Mei 2016, Pukul 00.30 Wita di kamar kost terdakwa.

Terdakwa membagi atau memecah sabu-sabu menjadi tiga klip itu untuk digunakannya sendiri dan mengaku menggunakan barang haram itu sejak Tahun 2005, namun putus sambung. Mendengar putusan itu terdakwa dan JPU menyatakan sikap menerima putusan hakim terkait kasus itu.

Reporter : Maria Gracia