Ulam Agung Kampih di Pantai Jerman

Selasa, 18 Oktober 2016 23:21 Nasional

Bagikan

Ulam Agung Kampih di Pantai Jerman
Hiu karang yang terdampar di Pantai Jerman berusaha diselamatkan warga dan wisatawan. (FB/SN)
Kuta, Semetonnews - Ulam agung, sebutan ikan besar oleh masyarakat Bali terdampar atau kampih di Pantai Jerman, Selasa (18/10/2016) siang. Beberapa warga dan wisatawan asing yang kebetulan melihat terdamparnya ulam agung yang mirip hiu karang sirip putih tersebut berusaha membawa hiu tersebut masuk lagi ke perairan.

Terdamparnya hiu karang tersebut sebenarnya juga terjadi pagi tadi. Warga sudah menyeret hiu tersebut ke perairan yang lebih dalam dan kembali lagi. "Ada yang bilang paus, tapi memang mirip hiu," tulis Nyoman Wardana yang memposting hiu terdampar di Pantai Jerman tersebut.

Untuk diketahui, hiu sirip putih termasuk jenis hiu karang yang bisa ditemukan di kedalaman 8-40 m. Hiu yang nyaris punah tersebut bisa ditemukan di area yang luas dari Indo-Pasifik, berkisar Samudera Hindia dari KwaZulu-Natal di Afrika Selatan atas pantai Afrika Timur ke Laut Merah dan anak benua India, termasuk daerah di sekitar Madagaskar, Mauritius.

Di barat dan tengah Pasifik, mereka bisa ditemukan di selatan Cina, Taiwan, dan Kepulauan Ryukyu ke Asia Tenggara termasuk Filipina, Indonesia, dan Pantai Utara Australia. Ia juga tinggal di pulau-pulau Pasifik, seperti Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia, sejauh Hawaii di utara dan Kepulauan Pitcairn di tenggara. Di Pasifik timur, ia bisa ditemui di pesisir Kosta Rika, Panama, dan wilayah Kepulauan Galapagos.

Reporter: VR Nugraha