Gempa 6,5 SR, Warga Subang Tak Rasakan Apa-apa; Malah di Jakarta Goyangnya Keras

Rabu, 19 Oktober 2016 13:56 Nasional

Bagikan

Gempa 6,5 SR, Warga Subang Tak Rasakan Apa-apa; Malah di Jakarta Goyangnya Keras
Ilustrasi. (Net/SN)
Jakarta, Semetonnews - Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 SR terjadi di Timur Laut Subang, Jawa Barat, Rabu (19/10/2016). Tapi, warga di sana malah tak merasakan goyangan gempa. Getaran gempa malah dirasakan warga Jakarta.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Gefisika (BMKG), gempa tersebut terjadi pada Pukul 07.25.57 WIB, titik koordinat lokasi berada di 5.92 derajat Lintang Selatan dan 108.00 derajat Bujur Timur, atau sekitar 120 km Timur Laut Subang, dengan kedalaman 654 km.

“Gempa tidak menimbulkan tsunami walaupun gempa bumi berpusat di laut, karena kedalamannya yang sangat dalam sehingga tidak membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami,” papar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Drs Mochammad Riyadi MSi, dalam keterangan persnya.

Monitoring BMKG, selama satu jam tidak terjadi gempabumi susulan. BMKG terus memonitor perkembangan gempabumi susulan. "Banyak yang telepon menanyakan kondisi di Subang. Saya bingung juga karena tidak merasakan apa-apa," kata Asep, warga Subang.

Reporter: VR Nugraha