WOW, Grup Lippo Suap Oknum Wartawan Rp 75 juta hingga Rp 450 juta

Jumat, 21 Oktober 2016 14:44 Nasional

Bagikan

WOW, Grup Lippo Suap Oknum Wartawan Rp 75 juta hingga Rp 450 juta
Ilustrasi. (Net/SN)
Jakarta, Semetonnews - Sejumlah oknum wartawan media nasional diduga menerima suap dari Grup Lippo dengan nominal berkisar Rp 75 juta sampai Rp 450 juta. Hal itu mengemuka dalam sidang kasus suap panitera PN Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016) saat menghadirkan saksi Stefanus Slamet Wibowo.

Wibowo mengatakan uang dari Lippo diberikan kepada "pawang", yang nantinya akan mendistribuskannya ke media. Media tersebut adalah Media Indonesia, Kontan, Jakarta Post, Bisnis Indonesia, Seputar Indonesia, Republika, Jakarta Post, Koran Tempo, Majalah Tempo, Majalah Gatra, Majalah Sindo, Majalah Review, Majalah Forum, Rakyat Merdeka, Neraca, Koran Jakarta dan Indopos.

Bahkan sudah Rp 600 juta uang mengalir dari Lippo, namun tidak semua di distribusikan dengan alasan untuk fee managent oleh Wibowo. Demikian, sejumlah media yang dituding membantah hal tersebut. "Saya kurang tahu persoalan itu," kata Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif di Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Sedangkan Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Suwarjoni seperti dikutip dari Suara Surabaya melalui rilisnya, Kamis (20/10/2016) menyatakan meminta media dan jurnalis yang disebut dalam sidang untuk membuat klarifikasi.

Bila keterangan Wibowo itu tidak benar tentu juga sudah masuj ranah pidana karena memberikan keterangan palsu. Maka jurnalis dan media bersangkutan perlu melakukan langkah lebih lanjut.

Reporter: VR Nugraha